RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.3 dan 4.3
Materi : Isi teks ekposisi
A.
Tujuan
1. Menganalisis
struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang didengar
dan atau dibaca
2. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media : v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : v Spidol, papan
tulis v Laptop &
infocus, PPT v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri I Muara Tiga
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/1
Alokasi waktu : 8 JP
KD :
3.4 dan 4.4
Materi : Struktur dan kebahasaan teks
ekposisi
A.
Tujuan
1. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
2. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Media : v Worksheet atau
lembar kerja (siswa) v lembar penilaian v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar. |
Alat/Bahan : v Spidol, papan
tulis v Laptop &
infocus, PPT v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen. |
Pendahuluan |
v
Peserta didik memberi salam dan berdoa v
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi v
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan v Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan
kebahasaan teks eksposisi |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan
kebahasaan teks eksposisi |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan
kebahasaan teks eksposisi |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan
kebahasaan teks eksposisi Peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Penutup |
v Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat v
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
Penilaian
v Sikap : Lembar pengamatan
v Pengetahuan : LK peserta didik,
v Ketrampilan : Kinerja & observasi diskusi
Mengetahui, Kepala SMA N I Muara Tiga Weka Weka NIP. |
Laweung, 2020 Guru Mata Pelajaran Admin NIP. |
0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Ekposisi Kelas X SMA"
Posting Komentar