RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Ekposisi Kelas X SMA

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/1

Alokasi waktu      :  8 JP

KD                          : 3.3 dan 4.3

Materi                    : Isi teks ekposisi

 

A.      Tujuan

1.       Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

2.       Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media :

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Alat/Bahan :

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus, PPT

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.


Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi teks eksposisi

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi teks eksposisi

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi teks eksposisi

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi teks eksposisi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                 : SMA Negeri I Muara Tiga

Mata pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester   : X IPA-IPS/1

Alokasi waktu      :  8 JP

KD                          : 3.4 dan 4.4

Materi                    : Struktur dan kebahasaan teks ekposisi

 

A.      Tujuan

1.       Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi

2.       Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan

B.      Langkah-langkah Pembelajaran

Media :

v Worksheet atau  lembar kerja (siswa)

v lembar penilaian

v Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Alat/Bahan :

v Spidol, papan tulis

v Laptop & infocus, PPT

v Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.


Pendahuluan

v Peserta didik memberi salam dan berdoa

v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

v Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

v Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur dan kebahasaan teks eksposisi

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur dan kebahasaan teks eksposisi

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur dan kebahasaan teks eksposisi

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur dan kebahasaan teks eksposisi Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup

v Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

v Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

v Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa


C.     
Penilaian

v  Sikap                      : Lembar pengamatan          

v  Pengetahuan        : LK peserta didik,                

v  Ketrampilan         : Kinerja & observasi diskusi

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA N I Muara Tiga                                                                                         

 

Weka Weka

NIP.

Laweung,                    2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

Admin

NIP.

 

0 Response to "RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia Teks Ekposisi Kelas X SMA"

Posting Komentar