RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah : SMA Negeri I Peukan Pidie
Kelas/ Semester : XII IPA-IPS/I
Materi pokok : Teks Novel Sejarah
Alokasi waktu : 8x45 menit ( 4
kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1 2 3 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi,
damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis |
3.3.1 Mengidentifikasi
struktur teks cerita sejarah 3.3.2 Mengidentifikasi
isi teks cerita sejarah 3.3.3 Mengidentifikasi
nilai-nilai cerita (novel) sejarah 3.3.4 Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah |
4.3 Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
4.3.1 Mendata struktur
(orientasi, rangkaian kejadian yang salingberkaitan, komplikasi dan
resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah. 4.3.2 Menyusun kembali nilai-nilai
dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi 4.3.1 Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks cerita
sejarah, mengidentifikasi isi teks cerita sejarah, mengidentifikasi
nilai-nilai cerita (novel) sejarah, mengidentifikasi kebahasaan teks
cerita sejarah mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling
berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarik dalam
cerita (novel) sejarah, menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel)
sejarah ke dalam teks eksplanasi mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks
eksplanasi yang disusun
D. Materi Pembelajaran
Teks cerita (novel) sejarah
1.
Struktur teks cerita sejarah
2.
Isi teks cerita sejarah
3.
Nilai-nilai cerita (novel) sejarah
4.
Kebahasaan teks cerita sejarah
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
v
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v
Lembar penilaian
v
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
Penggaris,
spidol, papan tulis
Laptop
& infocus
G. Sumber Belajar
Suherli, dkk. 2017.
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E.
2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap |
Langkah-langkah
pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materiStruktur Teks dan
isi teks cerita sejarah dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah. Pemberian
contoh-contoh materi Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan denganStruktur Teks dan isi teks cerita sejarah. Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah. Mendengar Pemberian materi Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dankedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materiStruktur Teks dan isi
teks cerita sejarah yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materiStruktur Teks dan isi teks cerita sejarah yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diri Struktur Teks dan isi teks cerita
sejarah sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja
yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah Mengolah informasi dari
materi Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
materi Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah. Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik. Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materiStruktur Teks dan isi teks cerita
sejarahberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Struktur Teks dan isi teks
cerita sejarah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materiStruktur Teks dan isi teks cerita
sejarah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulistentang
materi : Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah Menjawab
pertanyaan tentang materi Struktur Teks dan isi teks cerita
sejarah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materiStruktur Teks dan isi teks cerita
sejarah yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materiStruktur Teks dan isi teks cerita sejarah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran. |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis Tanggungjawab kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis kerjasama tanggungjawab Komunikasi Kreatif dan inovatif |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur Teks dan isi teks
cerita sejarah yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaranStruktur Teks dan isi teks cerita
sejarah yang baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Struktur
Teks dan isi teks cerita sejarah. Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaran Struktur Teks dan isi teks cerita sejarah kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
Pertemuan Kedua
Tahap |
Langkah-langkah
pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti |
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materiNilai-nilai cerita
(novel) sejarah dengan cara : Melihat (tanpa
atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. Mengamati Lembar
kerja materi Nilai-nilai cerita (novel) sejarah. Pemberian
contoh-contoh materi Nilai-nilai cerita (novel) sejarah untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan denganNilai-nilai cerita (novel) sejarah. Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah. Mendengar Pemberian materi Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah oleh guru. Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dankedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya : Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Nilai-nilai cerita
(novel) sejarah yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Nilai-nilai cerita (novel) sejarah yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materiNilai-nilai cerita (novel) sejarah yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diri Nilai-nilai cerita (novel)
sejarah sesuai dengan pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah Mengolah informasi dari
materi Nilai-nilai cerita (novel) sejarah yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
materi Nilai-nilai cerita (novel) sejarah. Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materiNilai-nilai cerita (novel)
sejarah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Nilai-nilai cerita (novel)
sejarah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materi Nilai-nilai cerita (novel)
sejarah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulistentang materi : Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah Menjawab
pertanyaan tentang materi Nilai-nilai cerita (novel) sejarah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Nilai-nilai cerita (novel)
sejarah yang akan selesai dipelajari Menyelesaikan uji kompetensi untuk materiNilai-nilai
cerita (novel) sejarah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis Tanggungjawab kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis kerjasama tanggungjawab Komunikasi Kreatif dan inovatif |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Nilai-nilai cerita (novel)
sejarah yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaranNilai-nilai cerita (novel)
sejarah yang baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Nilai-nilai cerita (novel) sejarah. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Nilai-nilai
cerita (novel) sejarah. Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaran Nilai-nilai cerita (novel) sejarah kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
Pertemuan Ketiga
Tahap |
Langkah-langkah
pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti MENGKONSTRUKSI
MANDIRI |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : Kebahasaan
teks cerita sejarah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan: Mengamati
obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materiKebahasaan
teks cerita sejarah yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. Membaca
sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
literasidengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kebahasaan
teks cerita sejarah yang sedang dipelajari. Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materiKebahasaan teks cerita
sejarah yang sedang dipelajari. Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Kebahasaan teks cerita sejarah yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kebahasaan
teks cerita sejarah. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materiKebahasaan teks cerita sejarah yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diri Kebahasaan teks cerita sejarah sesuai dengan
pemahamannya. |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin Kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis Tanggungjawab kerjasama |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Kebahasaan teks cerita
sejarah yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaranKebahasaan teks cerita sejarah yang
baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Kebahasaan teks cerita sejarah. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kebahasaan
teks cerita sejarah. Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaranKebahasaan teks cerita sejarah kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
Pertemuan Keempat
Tahap |
Langkah-langkah
pembelajaran |
Nilai Karakter |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
Guru : Orientasi Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran. Aperpepsi Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Kebahasaan
teks cerita sejarah Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung Pembagian
kelompok belajar Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Tanggungjawab Disiplin Disiplin |
5 menit |
Inti |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kebahasaan
teks cerita sejarah. Mengumpulkan
informasi Mencatat semua informasi tentang
materiKebahasaan teks cerita sejarah yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar. Mempresentasikan
ulang Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diri Kebahasaan teks cerita sejarah sesuai dengan
pemahamannya. Saling
tukar informasi tentang materi : Kebahasaan
teks cerita sejarah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja
yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi tentang
data dari Materi : Kebahasaan
teks cerita sejarah Mengolah informasi dari
materi Kebahasaan teks cerita sejarah yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
materi Kebahasaan teks cerita sejarah Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Kebahasaan
teks cerita sejarah antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan Menyampaikan
hasil diskusi tentang materiKebahasaan teks cerita
sejarah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Kebahasaan
teks cerita sejarah Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Kebahasaan teks cerita
sejarah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. Bertanya
atas presentasi tentang materiKebahasaan teks cerita sejarah yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulistentang
materi : Kebahasaan
teks cerita sejarah Menjawab
pertanyaan tentang materiKebahasaan teks cerita sejarah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materiKebahasaan teks cerita sejarah yang
akan selesai dipelajari Menyelesaikan uji kompetensi untuk materiKebahasaan
teks cerita sejarah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Literasi Kemandirian Tanggungjawab Tanggungjawab Disiplin tanggungjawab Berpikir Kritis Tanggungjawab Disiplin kerjasama Kolaborasi Berpikir kritis Tanggungjawab kerjasama |
70 menit |
Penutup |
Peserta didik
: Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Kebahasaan teks cerita
sejarah yang baru dilakukan. Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaranKebahasaan teks cerita sejarah yang
baru diselesaikan. Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Kebahasaan teks cerita sejarah. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor
urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kebahasaan
teks cerita sejarah. Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaranKebahasaan teks cerita sejarah kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Disiplin tanggungjawab |
15
menit |
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Ani |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah
sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
250 |
62,50 |
C |
|
2 |
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
50 |
||||
3 |
Saya ikut
serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
||||
4 |
... |
100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati :
...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima
pendapat teman. |
100 |
450 |
90,00 |
SB |
|
2 |
Memberikan
solusi terhadap permasalahan. |
100 |
||||
3 |
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
100 |
||||
4 |
Marah saat
diberi kritik. |
100 |
||||
5 |
... |
50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50
dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor
maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik
(SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|||||||
2 |
Pelafalan |
|||||||
3 |
Kelancaran |
|||||||
4 |
Ekspresi |
|||||||
5 |
Penampilan |
|||||||
6 |
Gestur |
- Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
||||
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
||||
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
||||
4 |
Pelafalan |
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh
siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan
materi diskusi |
||||
2 |
Kemampuan
menjawab pertanyaan |
||||
3 |
Kemampuan
mengolah kata |
||||
4 |
Kemampuan
menyelesaikan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat
Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
- Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem
Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan
Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non
Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang
relevan.
2) Mencari informasi secara online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta
berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati langsung tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang ada di lingkungan sekitar.
Mengetahui, Kepala
SMA Negeri I Peukan Pidie Mukhtar,
S. Pd NIP. 19611005
1998 01 1 001 |
Peukan Pidie, 20.. Guru
Mata Pelajaran Aan
Zuliana, S. Pd NIP. 19850122
200604 2 002 |
0 Response to "RPP K13 Bahasa Indonesia Teks Novel Sejarah Kelas XII SMA Revisi"
Posting Komentar